11 Beasiswa di Universitas di Arab Saudi

Negara Arab Saudi menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia  yang mau belajar di universita-universitas di Arab Saudi. Mayoritas Masyarakat Indonesia sangat mengenal Universitas Islam Madinah sebagai universitas yang menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya, sehingga menjadi target utama untuk belajar atau kuliah.

Menurut informasi dari PPMI Arab Saudi, terdapat 11 universitas di Arab Saudiyang menawarkan beasiswa bagi para mahasiswanya. Berikut rincianya berdasarkan regional atau kota-kota di Arab Saudi, yaitu:

1. Kota Makkah

Kota Makkah merupakan salah satu dari kota suci bagi Umat Islam yang memiliki keutamaan seperti kota kelahiran Nabi Muhammad SAW, Masjidil Haram dan Kabah, dan tempat pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh.

Kota Mekkah adalah ibukota Provinsi Mekkah yang merupakan satu dari 13 Provinsi di Arab Saudi. Provinsi Mekkah memiliki 16 Muhafadhaz (kalau di Indonesia setingkat Kotamadya atau Kabupaten).  Kota Makkah menjadi target utama para Mahasiswa belajar, bukan hanya untuk belajar, tapi lebih dari itu, agar bisa beribadah di masjidil Haram.(sejarah-mekkah)

Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya di kota Mekkah, yaitu:

Universitas Umm Al-Qura.

Universitas Umm Al-Qura atau Jāmi’ah ‘Umm Al-Qurā adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Arab Saudi di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi yang didirikan pada 1981. Universitas ini adalah salah satu universitas yang paling bergengsi di seluruh dunia Islam karena lokasinya di Mekkah. Didirikan sebagai Sekolah Tinggi Syari`ah pada tahun 1949. Kemudian berganti nama menjadi Ummul Qura sesuai dengan dekret kerajaan pada tahun 1981. (selengkapnya)

2. Kota Riyadh

Kota Riyadh merupakan ibukota negara Arab Saudi yang berada di Provinsi Riyadh. Riyadh menjadi pusat pemerintah dan tempat berdirinya kantor kedutaan-kedutaan negara-negara. Sebagai provinsi terluas kedua setelah Provinsi Syarqiyah, dan terbanyak penduduknya kedua setelah Provinsi Makkah yakni 24% dari jumlah penduduk Arab Saudi.(Wikipedia)

Ada dua universitas yang bisa dijadikan target utama para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa belajar, yaitu

a. Universitas Raja Saud

Universitas Raja Saud atau Jami’ah al-Malik Su’ud merupakan perguruan tinggi negeri di Arab Saudi di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi yang didirikan pada tahun 1957 oleh Raja Saud bin Abdul Aziz dengan nama Universitas Riyadh. Universitas Riyadh menjadi Universitas pertama di Arab Saudi yang disiapkan untuk perkuliahan non-agama. Pada tahun 1982, Universitas Riyadh berubaha nama menjadi Universitas Raja Saud. (Selengkapnya)

b. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud

Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud adalah perguruan tinggi negeri di Arab Saudi yang berdiri pada tahun 1953. Pada tahun 1974, berubah menjadi universitas yang memiliki 10 Fakultas. Disamping itu, Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud memiliki Sekolah Menengah Atas dan Institut Islam di beberapa kota besar di Arab Saudi, Ras al-Khaimah, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, Djibouti dan Jepang. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud telah menjadi sebuah institusi budaya dan intelektual yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan menawarkan studi sarjana dan studi pascasarjana. Selain itu, tujuan lain universitas adalahnya tercapainya syari’at islam. (Selengkapnya)

3. Kota Qassim

Al Qasim ialah Provinsi Arab Saudi, terletak di tengah negara. Kota Qassim merupakan kota pertanian dan terkenal dengan  central islamic center giude (pusat pendidikan islam khusus untuk pendatang). karena kebetulan Al-Qassim adalah merupakan pusat penelitian islam Arab Saudi yang terkenal dengan nama Mutawwa (persatuan cendikiawan dan pemuka agama), Sehingga tidak heran para pemuka di Mekkah di mesjid HARAM berasal dari Al-Qasiim. (Wikipedia)

Ada dua perguruan tinggi, negeri dan swasta yang bisa menjadi target bagi pencari beasiswa, yaitu

a. Universitas Qashim

Universitas Qashim adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Provinsi Qasim didirikan pada tahun 2004. Universitas Qashim merupakan gabungan dari cabang Universitas Raja Saud dan Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud yang terletak di Qasim. Kampus utama Universitas Qashim mencakup sekitar delapan kilometer persegi dan terletak di Buraidah. Sedangkan kampus-kampus cabang terletak di berbagai kota di Provinsi Qasim. (selengkapnya)

b. Sulaiman Al-Rajhi Colleges

Sulaiman Al-Rajhi Colleges atau biasa disingkat SRC, adalah universitas riset swasta nirlaba, yang terdiri dari tiga perguruan tinggi sarjana (S1): Ilmu Kedokteran, Perawatan, dan Ilmu Pengetahuan Kedokteran Terapan. Perguruan tinggi didirikan oleh Yayasan Amal Sulaiman Bin Abdul Aziz Al Rajhi dan berlokasi di Al Bukayriyah, Arab Saudi. Sulaiman Al Rajhi Colleges bertujuan untuk menghasilkan kader tenaga kerja yang sangat terlatih dan terspesialisasi sesuai kebutuhan pembangunan. (selengkapnya)

4. Kota Jeddah

Kota Jeddah termasuk provinsi Mekkah Jeddah merupakan kota pelabuhan utama di Arab Saudi baik pelabuhan laut maupun pelabuhan udara yang terletak di tepi Laut Merah. Kota Jeddah menjadi kota dagang dengan pelabuhan utama yang merupakan sentral perdagangan menuju berbagai negara khususnya negara-negara di pesisir timur Afrika, serta Yaman. Dan Bandar udara terkenal yakni Bandara King Abdul Aziz yang memiliki tingkat kesibukan tinggi terutama pada musim haji dan digunakan juga untuk kepentingan komersial biasa selain Dammam dan Riyadh. (sejarah-jeddah-dan-tempat-wisatanya)

Ada dua universitas yang menyediakan beasiswa belajar, yaitu

a. Universitas Raja Abdul Aziz (KAU)

Universitas Raja Abdul Aziz (KAU) (Jāmi’at al-Malik Abd Al-Azīz) didirikan pada tahun 1967 di Jeddah, Arab Saudi yang pada awalnya merupakan perguruan tinggi tertutup yang didirikan oleh sekelompok pebisnis yang dipimpin oleh Syaikh Muhammad Abu Bakr Bakhashab Pasha dan termasuk juga Hamza Bogary. Universitas Raja Abdul Aziz berubah menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 1971. (selengkapnya)

b. Universitas Raja Abdullah untuk Sains dan Teknologi (KAUST)

Universitas Raja Abdullah untuk Sains dan Teknologi (KAUST) adalah sebuah universitas pascasarjana berbasis riset dengan skala internasional yang terletak di Thuwal, Arab Saudi 90 km utara kota Jeddah. Universitas ini berdiri pada tahun 2009, dan pada tiga tahun pertama universitas ini dioperasikan oleh perusahaan Saudi Aramco. Sejak berdiri tahun 2009 hingga kini, KAUST memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa dari seluruh dunia untuk menempuh studi master dan doktoral dalam bidang sains dan teknologi. (selengkapnya)

5. Kota Madinah

Madinah adalah ibukota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi. Kota ini terdapat Masjid Nabawi, tempat dimakamkannya Nabi Muhammad saw, dan kota suci kedua setelah kota Mekkah. Kota Madinah adalah tujuan Nabi Muhammad untuk melakukan Hijrah dari Mekkah. Kota Madinah memiliki tiga masjid tertua yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi, dan Masjid Qiblatain. (wikipedia)

Ada dua Universitas menjadi target mendapatkan beasiswa belajar, yaitu

a. Universitas Taibah

Universitas Taibah didirikan pada tahun 2003 dari hasil peleburan dua kampus cabang Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh dan Universita Raja Abdul Aziz Jeddah dengan rektor pertama Prof. Dr. Mansur bin Muhammad An-Nuzhah. Pada awalnya, Universitas Taibah memiliki satu fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah. Sekarang, Universitas Taibah memiliki banyak fakultas umum dan keagamaan dengan total jumlah 156 program studi, 94 di antaranya adalah program-program studi pada jenjang pascasarjana. (selengkapnya)

b. Universitas Islam Madinah

Universitas Islam Madinah atau al-Jami’ah al-Islamiyyah bil Madinah al-Munawwarah adalah sebuah perguruan tinggi negeri berdiri pada 29 Rabiul Awal 1381 Hijriyah (6 September 1961). Universitas ini terletak di Kota Madinah, Provinsi Madinah. Berdirinya Universitas ini sesuai dengan keputusan resmi Raja Saud bin Abdul Aziz tentang Pembangunan perguruan tinggi yang dikhususkan untuk mempelajari ilmu syariah dan keagamaan di Kota Madinah. (selengkapnya)

6. Kota Tabuk

Tabuk disebut sebagai Tabouk adalah ibu kota provinsi Tabuk, Arab Saudi bagian barat laut. Provinsi Tabuk dekat dengan perbatasan Yordania-Arab Saudi, kota ini merupakan pangkalan angkatan udara terbesar di Arab Saudi.(wikipedia)

Universitas yang berada di Provinsi Tabuk adalah

Universitas Tabuk

Universitas Tabuk sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Tabuk, Provinsi Tabuk, Arab Saudi. Universitas ini berdiri pada tahun 2006, dan saat ini dipimpin oleh Rektor Dr. Abdulaziz Saud Alanzy. Universitas Tabuk memiliki beberapar fakultas dengan disiplin ilmu yang berbeda-bedai dari fakultasa syariah sampai kedokteran dan teknik. (selengkapnya)

7. Kota Jazan

Provinsi Jizan adalah provinsi terkecil di Arab Saudi. Wilayahnya membentang sepanjang 300 km di bagian selatan Laut Merah, dan berada di utara Yaman. Provinsi ini memiliki luas wilayah 11.671 km² dan populasi 1.365.110 jiwa (hasil awal sensus 2010). Ibu kotanya ialah Jizan. Saat ini, dipimpin oleh Pangeran Muhammad bin Nasser bin Abdul Aziz. Di provinsi ini, terdapat juga lebih dari 100 pulau di Laut Merah, yaitu Kepulauan Farasan, kawasan lindung pertama di Arab Saudi, yang merupakan asal Rusa Arab yang terancam punah, selain itu juga tempat migrasi burung-burung dari Eropa ketika musim dingin. (wikipedia)

Provinsi Jazan memiliki satu universitas yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya, yaitu:

Universitas Jazan

Universitas Jazan adalah salah satu perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Pendidikan Arab Saudi yang terletak di kota Jazan, Provinsi Jizan, Arab Saudi. Universitas ini berdiri pada tahun 2006, dan merupakan satu-satunya universitas di Provinsi Jizan, yang saat ini dipimpin oleh rektornya Dr. Muhammad bin ‘Ali Rabi’. Universitas ini menawarkan berbagai departemen akademik. (selengkapnya)


Komentar