Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University

Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Riyadh, Arab Saudi, didirikan pada tahun 1953. Pada tahun 1974, pihak Kerajaan mengeluarkan surat keputusan untuk meningkatkan status perguruan tinggi ini menjadi universitas. Universitas ini memiliki 10 Fakultas, lebih dari 24,000 mahasiswa dan 1,300 staf pengajar dan juga memiliki Sekolah Menengah Atas dan Institut Islam di beberapa kota besar di Arab Saudi, Ras al-Khaimah, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, Djibouti dan Jepang. Universitas ini telah menjadi sebuah institusi budaya dan intelektual yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan menawarkan studi sarjana dan studi pascasarjana. Salah satu tujuan terpenting adalah penerjemahan dan percetakan di mana universitas telah memiliki percetakan sendiri. Selain itu, tujuan lain universitas adalahnya tercapainya syari’at islam.

Alamat website : https://imamu.edu.sa

PROSEDUR PENDAFTARAN

Sebagaimana universitas-universitas Arab Saudi pada umumnya, orang asing tidak dapat diterima di universitas ini kecuali jika ia mempunyai beasiswa resmi (minhah rasmiyah) dari universitas. Oleh karena itu, calon mahasiswa asing harus mengajukan lebih dahulu permohonan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Jika permohonan itu diterima, maka dengan sendirinya mahasiswa akan dapat diterima menjadi mahasiswa di universitas. Adapun persyaratan pengajuanbeasiswa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Surat rekomendasi dari Pemerintah Republik Indonesia. Surat ini dapat diperoleh di Departemen Agama Kabupaten/Kodya, Propinsi atau Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.
  • Fotokopi ijazah S1/S2 yang diakui oleh universitas serta transkrip nilainya.

Catatan: Bagi calon mahasiswa Diploma, nilai ijazah minimal berpredikat jayyid. Sedangkan bagi calon mahasiswa S2/S3, nilai ijazah minimal berpredikat jayyid jiddan (rata-rata 8,00). Dua buah rekomendasi dari dua orang dosen yang pernah mengajarnya selama kuliah di jenjang S1/S2.

  • Mendapat rekomendasi dari lembaga tempat bekerja.
  • Fotokopi surat keterangan kesehatan.
  • Fotokopi surat keterangan berkelakuan baik.
  • Fotokopi akte kelahiran.
  • Pas Photo 4√ó6 (4 lembar).
  • Fotokopi paspor (bisa menyusul setelah ada tanggapan/permintaan dari universitas).
  • Bagi calon mahasiswa S3 harus menyatakan kesanggupan konsentrasi penuh menyelesaikan studi yang dikuatkan dengan surat tugas belajar.
  • Menyertakan alamat calon mahasiswa di Indonesia (berbahasa Indonesia).
  • Mengajukan surat permohonan kepada rektor.

Seluruh berkas diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Untuk ijazah diharapkan diterjemahkan di atas kertas yang mempunyai logo Garuda Pancasila

Universitas lain di Arab Saudi