Taibah University

Universitas Taibah didirikan pada tahun 2003 dari hasil peleburan dua kampus cabang Univ. Imam Muhammad bin Saud Riyadh dan Univ. Raja Abdul Aziz Jeddah dengan rektor pertama Prof. Dr. Mansur bin Muhammad An-Nuzhah.

Kampus ini mengambil nama Taibah yang berasal dari salah satu nama kota Madinah Al Munawwarah. Pada awal masa pendiriannya, kampus ini hanya memiliki satu fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah. Sekarang, kampus ini telah memiliki banyak fakultas umum dan keagamaan dengan total jumlah 156 program studi, 94 di antaranya adalah program-program studi pada jenjang pascasarjana.

Universitas ini lokasinya berseberangan langsung dengan kampus Universitas Islam Madinah yang merupakan almamater penerima mahasiswa Indonesia dengan jumlah terbesar di seluruh Arab Saudi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Universitas Taibah diharap untuk mengunjungi website resmi Taibah University:  taibahu.edu.sa

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar:

  1. Calon mahasiswa/i harus memenuhi persyaratan penerimaan bagi mahasiswa/i Arab Saudi yang tercantum dalam tatacara pendaftaran, yang dapat dilihat ketika mendaftar melalui portal kampus. 2. Umur pemohon tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun.
  2. Diberikan izin oleh pemerintah negaranya untuk belajar di Arab Saudi.
  3. Belum pernah menerima beasiswa lainnya dari lembaga pendidikan manapun di Arab Saudi.
  4. Ijazah dan berkas-berkas lainnya telah dilegalisir di kedutaan besar Arab Saudi di negara asal.
  5. Menyertakan surat keterangan bebas catatan kriminal (SKCK) dari kepolisian negara asal.
  6. Tidak pernah drop out dari lembaga pendidikan manapun di Arab Saudi.
  7. Calon mahasiswi wajib memiliki mahrom, yang telah tinggal di Arab Saudi (mahrom berstatus sebagai penerima beasiswa/ memiliki izin tinggal resmi di Arab Saudi/ merupakan tenaga kerja di bawah majikan Saudi)*
  8. Menyertakan surat nikah (terlegalisir) bagi calon mahasiswi yang telah berkeluarga.*
  9. Lulus tes kesehatan sesuai dengan ketentuan berlaku.
  10. Mengajukan pendaftaran dan mengunggah dokumen- dokumen yang diminta melalui portal kampus, serta melengkapi semua data pribadi dan akademis dalam tenggang waktu yang ditentukan.
  11. Menyetarakan ijazah SMA/ sederajat melalui Komisi Penyetaraan pada Dirjen Ujian dan Penerimaan di Kementrian Pendidikan Arab Saudi setelah adanya pemberitahuan resmi tentang diterimanya calon mahasiswa/i yang bersangkutan. * syarat khusus calon mahasiswi.

Dokumen-dokumen yang harus diunggah melalui portal

  1. Kopi ijazah SMA/sederajat dari lembaga pendidikan negeri atau lainnya yang telah diakui oleh Kementrian Pendidikan Saudi, (umur ijazah tidak lebih dari 3thn)
  2. Kopi transkip nilai akhir SMA/ sederajat beserta rapor kelas 1, 2 dan 3.
  3. Nilai calon mahasiswa/i tidak kurang dari Baik Sekali.
  4. Ijazah dan transkip nilai dilegalisir oleh pihak-pihak berikut di negara asal: Bag. Ujian Sekolah – Dinas/ Kementrian Pendidikan – Kementrian Luar Negeri – Atase Kebudayaan Kedubes Arab Saudi.
  5. Kopi paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan.
  6. Sertifikat hasil check up kesehatan dari lembaga kesehatan yang terpecaya, menerangkan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular, dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.
  7. Sertifikat masuk Islam (bagi yang tidak muslim dari lahir) dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.

Wajib menyertakan terjemahan bahasa Arab bagi dokumen-dokumen yang tidak berbahasa Arab, diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah dan dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.

Universitas lain di Arab Saudi

Komentar