Madrasah dan Sekolah Islam

Madrasah dan Sekolah Islam Unggulan merupakan lembaga pendidikan yang memiliki ciri khas Islam. Keduanya menjadi Lembaga Pendidikan Formal yang masuk di Sistem Pendidikan Nasional sesuai UU No. 20 Tahun 2003.

Perbedaan kedua lembaga tersebut di instansi pembinanya. Dimana Madrasah menjadi bagian dari Pendidikan Agama Islam di bawah pembinaan Kementerian Agama. Sedangkan Sekolah Islam berada di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan.


Baca: Pengertian Pendidikan Islam

Selain Madrasah, Kementerian Agama mengelola Pondok Pesantren dan Pendidikan Tinggi Agama Islam. Hal ini berdasarkan PP No. 55 Tahun 2007 bahwa Pengelolaan Pendidikan Agama dan Keagamaan adalah Menteri Agama. Ketiga lembaga tersebut di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.


Madrasah dan Sekolah Islam

Kementerian Agama mengelola Madrasah Negeri dan madrasah Swasta. Secara kuantitas, Madrasah terus bertambah di setiap daerah. Tapi dari segi kualitas, Madrasah-madrasah belum mencapai standar kualitas yang diharapkan.

Oleh karena, dengan slogan “Madrasah Herbat dan Bermartabat”, kemenag terus melakukan pembenahan dengan program-program unggulan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan madrasah.

Baca: Model Pengembangan Program Unggulan Madrasah

Adapun Sekolah Islam Unggulan lebih identik dengan Sekolah Swasta yang dikelola oleh Masyarakat. Ciri khas sekolah Islam adalah keterpaduan pendidikan umum dengan pendidikan Islam. Sehingga lebih dikenal dengan Sekolah Islam Terpadu atau Sekolah Islam.

Madrasah dan Sekolah Islam memiliki program-program unggulan. Program tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakt untuk mendaftarkan anaknya. Tentunya diharapkan sesuai dengan potensi anak dan harapan orang tua.

Untuk mencari Madrasah dan Sekolah Islam dengan keunggulannya dapat membuka link di bawah ini.


Pondok Pesantren dan Madrasah Berasrama

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Terusa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Bahkan Pesantren tetap menjadi pilihan utama karena peserta didik atau santri tinggal di asrama sehingga dapat dibimbing selama 24 jam.

Keberadaan Asrama diadopsi oleh Madrasah dengan membangun fasilitas asrama. sehingga muncul madrasah negeri berasrama. seperti MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan madrasah lainnya. baik MTsN ataupun MAN.

Untuk mencari Pesantren dan Madrasah Berasrama dapat membuka link di bawah ini:


Pendidikan TInggi Islam

Pendidikan Tinggi Agama Islam yang di bawah binaan Kemenag berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, atau Program Pendidikan Agama Islam di Perguruan TInggi Umum.

Adapun fakultas dan jurusan tersu berkembang sesuai dengan kondisi dan tuntutan zaman.

Untuk mencari lembaga pendidikan tinggi Islam dapat membuka link di bawah ini:


Untuk mencari Lembaga pendidikan Islam secara acak, dapat menuliskan kata kunci di kota bawah ini

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Filter by Categories
Aliyah
Arab Saudi
Beasiswa
Belajar Dalam Jejaring
Boarding
Diklat
Diniyah
Diploma
Home Schooling
Ibtidaiyah
Info Madrasah
Info Nonformal
Info Perguruan Tinggi
Info Pesantren
Info Radhatul Athfal
Info Sekolah
Informasi
Institut
JSIT
Madrasah
Mahad Aly
Malaysia
MAN
Mesir
MIN
MTsN
Muallimin
Muhammadiyah
Organisasi
Pascasarjana
Pendataan
Pendidikan NonFormal
Perguruan Tinggi
PERSIS
Pesantren
PMB
Program Paket
PT Dunia
PTN
Raudhatul Athfal
SD
Sekolah
Sekolah Tinggi
SMA
SMK
SMP
Sumber Data
Tahfidz Al-Quran
TK
Tsanawiyah
Universitas
Yayasan
YPI Al Azhar