kemdikbud-yunandracenterSEKOLAH ISLAM 

Sekolah Islam Terpadu adalah lembaga pendidikan dasar dan menengah dibawah binaan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem Administrasi mengikuti aturan yang sama dengan sekolah umum yang lain. Sekolah Islam menerapkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Sekolah Islam merupakan bentuk pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Akibat dari ketidakpuasan pendidikan agama Islam yang diajarkan di sekolah. Banyaknya siswa-siswi yang memiliki prilaku dan sikap yang sesuai dengan ajaran Islam dan minimnya terhadap penghayatan terhadap ajaran Islam menjadi prioritas utama.

Dalam sejarah pendidikan Islam, sekolah Islam merupakan salah satu  eksperimen dalam rangka mengantisipasi perkembangan sistem pendidikan yang ditawarkan oleh Belanda. Sistem klasikal, pengelompokan mata pelajaran dan menggunakan bangku menjadi sistem pendidikan yang berbeda dengan pesantren yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang berkembang pada saat itu.

Eksperimen yang dilakukan dengan mengadopsi semua sistem pendidikan yang dikembangkan Belanda dan menambah mata pelajaran agama sebagai ciri khasnya. Dan menciptakan suasana keislamaan dalam proses pembelajaran.

Mata pelajaran Agama Islam dimasukan ke struktur kurikulum yang dikembangkan secara mandiri. Beberapa Sekolah Islam menerapkan mata pelajaran Agama Islam berdasarkan kurikulum Madrasah Diniyah yang dikembangkan oleh Kementerian Agama. sehingga siswa sekolah Islam memiliki dua bentuk laporan pendidikan yaitu pendidian umum dan pendidikan diniyah.

Sekolah Islam mengusung Sistem pendidikan terpadusebagai tema utama, dimana pendidikan Islam diajarkan secara terpadu dan terintegrasi dalam sistem pebelajaran. sehingga dikenal dengan sekolah Islam Terpadu.

Sekolah Islam dikembangkan oleh yayasan pendidikan Islam atau Organisasi Islam. Jenjang pendidikan yang dikembangkan antara lain:

  1. Taman Kanak-kanak Islam
  2. Sekolah Dasar Islam (SDI) atau SD Islam terpadu
  3. Sekolah Menengah Pertma Islam (SMPI) atau SMP Islam Terpadu
  4. Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) atau SMA Islam Terpadu

Beberapa yayasan pendidikan Islam mengembangkan konsep sekolah Islam dengan sistem asrama atau yang dikenal dengan Boarding School. Konsep ini sama dengan konsep pondok pesantren atau yang dikenal dengan Pondok Pesantren Modern.


TK Islam

SD Islam

SMP Islam

SMA Islam