King Abdullah University For Science and Technology (KAUST)

Universitas Raja Abdullah untuk Sains dan Teknologi (KAUST) atau Jāmi’at al-malik ‘abd al-Lāh li-l-’ulūm wa-t- taqniyyah adalah sebuah universitas pascasarjana berbasis riset dengan skala internasional yang terletak di Thuwal, Arab Saudi 90 km utara kota Jeddah. Universitas ini berdiri pada tahun 2009, dan pada tiga tahun pertama universitas ini dioperasikan oleh perusahaan Saudi Aramco.

Universitas ini memiliki dana abadi terbesar kedua di dunia setelah Universitas Harvard, KAUST sering disebut sebagai “Rumah Kebijaksanaan” baru atau “MIT Arab” oleh banyak orang. Semenjak berdiri tahun 2009 hingga kini, KAUST memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa dari seluruh dunia untuk menempuh studi master dan doktoral dalam bidang sains dan teknologi.

Kesempatan terbuka lebar bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi pascasarjana di tiga divisi akademik, yaitu

  1. Biological and Environmental Sciences and Engineering (BESE),
  2. Computer, Electrical and Mathematical Sciences and Engineering (CEMSE), dan
  3. Physical Sciences and Engineering (PSE).

Ketiga divisi tersebut terbagi menjadi 11 jurusan dan 9 pusat penelitian. Alamat website : https://www.kaust.edu.sa/ar

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Siapa saja yang boleh mendaftar? Pada dasarnya semua orang yang memenuhi syarat syarat diatas, boleh saja mendaftar. Namun, karena lokasi kampus KAUST yang terletak di negara Arab Saudi yang identik dengan Islam, berikut akan ditekankan beberapa hal tentang siapa saja yang boleh mendaftar:

  • Siapa saja boleh mendaftar, baik Muslim maupun Non- muslim. Tidak akan ada permasalahan agama pada kampus ini. FYI, lebih dari 50 persen kampus ini dipenuhi oleh warga Bule dari Eropa, Amerika, Meksiko, India, Filipina, dan Cina.
  • Laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat diterima. Penting untuk diketahui, wanita tidak harus/tidak perlu didampingi Mahramnya sewaktu kuliah disini (Tidak harus menikah dahulu atau membawa suami).
  • Tidak ada perbedaan kesempatan antara calon mahasiswa yang belum atau sudah berkeluarga. Bahkan, untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarganya akan diberikan fasilitas lebih, seperti rumah tinggal yang lebih besar dan tiket pesawat pulang pergi yang juga mengcover tiket pesawat untuk anak dan istri/suami.

Bagaimana cara daftarnya?

Pada prinsipnya, proses pendaftaran dimulai dengan pencarian calon profesor pembimbing S2/S3 kita. Biasanya calon mahasiswa memulai perburuannya dengan browsing website KAUST dan melihat lihat profil profesor yang memiliki bidang penelitian yang cocok dengan minat dan latar belakang penelitian calon mahasiswa. Ketika sudah menemukan calon profesornya, langsung aja hubungi beliau yaitu kirim email dan tanya apakah beliau tertarik untuk merekrut murid baru.

Tips:

ada beberapa teman disini, mereka tebar email ke banyak profesor, untuk memperbesar peluang mereka diterima. bahkan ada yang malah dibalas oleh 3 profesor sekaligus sampe bingung milih profesor yang mana. Selanjutnya, biasanya setelah prof balas email, mereka akan minta untuk ngatur jadwal interview. Kalau mereka tertarik dengan kamu, mereka akan minta kalian daftar online.

Batas Akhir Pendaftaran (Application Deadline) Normalnya,

  • untuk yang ingin memulai kuliah pada Januari, deadline pendaftaran ialah pada 1 November (hanya dibuka untuk Program PhD/S3).
  • Untuk yang ingin memulai kuliah pada September, deadline pendaftaran pada 15 January (terbuka untuk Master dan PhD).

Pengumuman berkisar sekitar 2 atau 3 bulan setelah deadline pendaftaran.

Catatan: Beasiswa diterima dalam Saudi Arabi Riyal (SAR).

Kunjungi website resmi KAUST di http://www.kaust.edu.sa/admissions/admissionsfaqs.html
Sumber: kaustina.org

Universitas lain di Arab Saudi

Komentar