Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)
Persatuan Islam Jakarta

Menurut Ketua STAI PERSIS Jakarta, Dr. Jeje Zaenudin, M.A.Ada dua alasan utama berdiri STAI PERSIS  Jakarta. Pertama adalah alasan idealisme. Distingsi idealisme pendirian STAI PERSIS adalah cita-cita mulia untuk melahirkan para alumni Sekolah Tinggi Islam yang selain memenuhi kriteria sebagai sarjana muslim yang berwawasan luas dan berintegrasi tinggi, tetapi sekaligus berjiwa sebagai pelanjut risalah dakwah nubuwah serta betkomitmen kuat memajukan harakah dakwah Jamiyah Persatuan Islam.

Adapun alasan kedua adalah alasan pragmatis sebagai respon atas fakta dan realitas permasalahan yang dihadapi oleh Persatuan Islam sebagai ormas yang gerakannya berkonsentrasi dalam tajdid, pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi umat.

Alasan pragmatis yang lebih spesifik terkait pendirian STAIPI Jakarta adalah mengingat keberadaan Mahad Utsman bin Affan telah beroprasi sejak tahun 2000 yang menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab dan dirasat islamiyah setara diploma dua tahun,  sementara banyak para alumni yang ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang Sarjana Strata satu dan jenjang berikutnya yang lebih tinggi, tetapi terbentur legalitas kelembagaan Mahad itu sendiri.

Visi dan Misi STAIPI Jakarta

Visi

Sebagai pusat pengembangan sumber daya insani yang unggul, profesional dan kompetitif dalam bidang ilmu-ilmu ke-Islaman di Jakarta Timur pada di tahun 2028
Indikator kejelasan visi:

  1. Kejelasan sasaran yang ingin diwujudkan yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul, profesional, dan kompetitif dalam mengembangkan ilmu-ilmu ke- Islaman ditingkat Lokal pada tahun 2028.
  2. Kejelasan sasaran lulusan yaitu profesional dalam ilmu-ilmu ke-Islaman yaitu sebagai peneliti, praktisi dan konsultan Komunikasi dan Penyiaran Islam, praktisi dan konsultan hukum ekonomi syariah dan penggerak sosial budaya masyarakat.


Visi yang ingin dicapai sangat realistik untuk diwujudkan mengingat kemampuan, potensi dan kesiapan lembaga serta dukungan semua sivitas akademika STAI Persis Jakarta, program studi serta stakeholders untuk bersama-sama merealisasikan visi STAI PERSIS Jakarta. Secara rinci potensi yang dimiliki adalah sebagai berikut:

  1. Kesiapan insfrastruktur 100%
  2. Kualitas sumber daya manusia meliputi dosen dan tenaga kependidikan
  3. Jaringan kerjasama yang semakin kuat, salah satunya kerjasama Pembiayaan Pendidikan dan Pengabdian.

Misi

Misi STAI Persis Jakarta diantaranya sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran problem based learning, research based learning dan contextual teaching & learning yang berbasis pada nilai-nilai ke-Islaman dan Keterampilan Bahasa Arab.
  2. Melaksanakan penelitian yang futuristik, inovatif, dan konstruktif dalam bidang ilmu-ilmu ke-Islaman.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi nilai-nilai ke-Islaman dan ilmu pengetahuan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi baik lokal, nasional maupun internasional dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Program STAIPI Jakarta

  • Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syariah
  • Program Studi S1 Komunikasi Penyiaran Islam

Alamat STAIPI Jakarta

Jl. Bambu Apus I No. 1, Cipayung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Alamat email : mail@staipijakarta.ac.id
Telpon : 085697826732
Website: https://staipijakarta.ac.id/

Brosur PMB 20020/2021


Komentar