Program Beasiswa LPDP

Program Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) tahun 2021 terbagi bagi menjadi 3 program yaitu beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum. Beasiswa tersebut diperuntukan bagi putra-putri Indonesia sebagai konsekuensi dari penentapan 20% dari APBN untuk fungsi pendidikan.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan Instansi pemerintah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 18/KMK.05/2012 tahun 2021.

UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010 menetapkan bahwa sebagian dana dari alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN-P tersebut dijadikan sebagai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund) oleh sebuah Badan Layanan Umum (BLU).



Mengenal Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP)

Bersumber dari laman www.lpdp.kemenkeu.go.id, berikut Visi, Misi dan Tujuan LPDP:

Visi Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP)

Menjadi lembaga pengelola dana bertaraf internasional guna menyiapkan SDM Indonesia yang berdaya saing global serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.


Misi   LPDP

  • Mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan.
  • Mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset.
  • Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal.

Tujuan, Fokus & Program LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan mengarahkan segenap usahanya guna mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang. Pengelolaan dana abadi pendidikan ini bertujuan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi. Selain itu, LPDP juga bertujuan mengantisipasi keperluan rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat bencana.

LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Beberapa di antara prioritas yang menjadi fokus LPDP antara lain; teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.

1. Beasiswa Afirmasi

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa Afirmasi dengan 4 sasaran beasiswa, yaitu

  • Berkebutuhan : Sasaran Beasiswa Kelompok Berkebutuhan Khusus/Difabel adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan LPDP khususnya penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.
  • Daerah Afirmasi : asaran Beasiswa Daerah Afirmasi adalah masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP.
  • Prasejahrera : Sasaran Penerima Beasiswa Prasejahtera adalah masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera
  • Santri : Beasiswa Santri diberikan kepada santri yang diusulkan oleh pondok pesantren berdasarkan rekomendasi pimpinan pesantren dan Kementerian Agama, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Aktif sebagai pendidik, dan/atau tenaga kependidikan di Pondok Pesantren atau satuan-satuan Pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terakhir.
    • Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan/atau Ma’had Aly lulusan 2 (dua) tahun terakhir

2. Beasiswa Targeted

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa Targeted dengan 3 sasaran beasiswa, yaitu:

  • PNS, TNI dan POLRI : Beasiswa PNS/TNI/POLRI  diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister atau menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa Doktor;
  • Kewirausahaan : Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan selanjutnya disebut BPI Kewirausahaan adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.
  • Pendidikan Kader : Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, selanjutnya disingkat Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP yang diperuntukan bagi calon ulama

3. Beasiswa Umum

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa Umum dengan 3 sasaran beasiswa, yaitu:

  • Beasiswa Reguler : Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1)  untuk beasiswa magister;  Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.
  • Beasiswa Perguruan Tinggi : Beasiswa PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.
  • Beasiswa Co-Funding : Beasiswa Co-Funding ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia melalui skema Besiswa Semi Mandiri.

Info Beasiswa

Program beasiswa ditawarkan oleh Instansi pemerintah maupun organisasi, lembaga, atau perguruan tinggi.


Komentar